Telah Rilis iOS 15 dan 15 Fitur Baru Ditawarkan yang

Setelah diumumkan di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) pada Juni lalu, iOS 15 kini sudah bisa dijajal oleh sejumlah pengguna iPhone yang kompatibel. Sebagai suksesor iOS 14, iOS 15 hadir dengan membawa sejumlah perubahan hingga peningkatan fitur-fitur baru. Beberapa di antaranya seperti kemampuan untuk membagikan tautan (link) panggilan video FaceTime, hadirnya fitur Live Text yang bisa menyalin teks dari gambar, pembaruan aplikasi Apple Maps, Wallet, Weather, dan Siri, dan masih banyak lagi. Berikut deretan fitur yang hadir di iOS 15:

Tampilan baru untuk notifikasi

Ikon aplikasi kini tampak lebih besar. Pengguna juga bisa menambahkan foto untuk kontak sehingga wajahnya akan ikut ditampilkan dalam notifikasi.

Bisa melacak AirPods Pro dan AirPods Max jika hilang

Pengguna iOS 15 kini bisa melacak lokasi terakhir AirPods Pro atau AirPods Max mereka jika hilang. Melalui koneksi bluetooth, nantinya pengguna bisa mengetahui keberadaan AirPods mereka dengan bantuan suara.

Focus Up

Dengan menggunakan Focus Up, pengguna dapat menyortir notifikasi yang masuk, seperti panggilan telepon, SMS, e-mail, dan lainnya, berdasarkan profil Focus yang sedang digunakan. Pengguna dapat terlebih dahulu mengatur beragam jenis notifikasi yang dapat ditampilkan atau yang ditolak pada setiap profil Focus. Sebagai contoh, seorang pengguna sedang mengaktifkan profil Focus dalam mode “Personal”. Pada profil ini, pengguna telah mengatur untuk tidak menerima notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan dengan pekerjaan. Jika Focus Mode diaktifkan, maka mode ini juga akan secara otomatis diterapkan untuk perangkat iPad atau Apple Watch yang terhubung dengan iPhone pengguna.

Tampilan baru Safari

Safari di iOS 15.(The Verge) Safari kini memiliki tab bar yang diperkecil yang berada di bagian bawah layar. Tab ini bisa digeser secara cepat jika pengguna ingin membuka sejumlah tab lainnya. Pengguna juga dapat membuat Grup Tab yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam folder, sehingga tab tersebut bisa diakses di lain waktu.

Kamus Bahasa India

Kini, pengguna iOS 15 bisa menggunakan kamus dwibahasa dalam bahasa India. Ada beberapa fitur terjemahan yang ditawarkan diantaranya yaitu Urdu–English, Urdu–Inggris, Tamil–English, Telugu–English, dan Gujarati–English.

FaceTime untuk Windows dan Android

FaceTime adalah fitur yang memungkinkan pengguna non-iOS dapat bergabung dalam sebuah panggilan video FaceTime di ekosistem iOS. Sebelum iOS 15, FaceTime hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja. Pengguna non-iOS kini bisa bergabung dengan FaceTime melalui web. Pengguna FaceTime untuk iOS nantinya bisa menyalin tautan (link) ruangan tersebut, mirip dengan mekanisme membagikan ruangan virtual di platform Zoom. Tautan tersebut lantas bisa dibagikan melalui aplikasi Messages, Calendar, Mail, atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Lalu, pengguna non-iOS seperti Android dan Windows bisa bergabung dalam video telekonferensi FaceTime melalui peramban Chrome atau Edge versi teranyar dengan meng-klik link undangan tadi.

Spatial Audio dan Grid View

Di FaceTime, Apple turut membekali fitur lainnya untuk menunjang kegiatan video telekonferensi, seperti dukungan spatial audio untuk kualitas suara mumpuni dan meredam suara bising dari lingkungan sekitar. Selain itu, ada pula fitur Grid View, hingga portrait mode yang bisa memburamkan latar belakang video.

Tampilan 3D di Apple Maps

Tak ketinggalan, aplikasi navigasi Apple Maps juga mendapatkan pembaruan dengan tampilan 3D yang lebih segar dan detail lokasi, bangunan, dan berbagai tempat lainnya yang ikut diperkaya. Kemudian, ada juga fitur Neaby Transit yang memungkinkan pengguna iOS 15 dapat bernavigasi dengan mudah saat menggunakan kendaraan umum.

Pilihan warna dan aksesori untuk Memoji

Pengguna iOS 15 kini bisa memilih warna yang berbeda seperti mengubah warna mata untuk avatar Memoji. Setidaknya, ada sembilan stiker Memoji baru yang ditambahkan diantaranya yaitu shaka (dua jari), lambaian tangan, lampu, dan masih banyak lagi Tak cuma itu, pengguna juga bisa menambahkan aksesori lain seperti kacamata, ikon hati, dan lainnya untuk Memoji mereka.

Highlights dan keterangan foto di Photos

Di iOS 15, aplikasi Photos kini bisa membuat video highlight melalui fitur memories. Menariknya, aplikasi tersebut kini juga bisa muncul di pencarian Spotlight. Keterangan foto juga diperkaya seperti informasi mengenai kamera yang digunakan, lensa, shutter speed, ukuran file, dan lainnya. Pengguna juga dapat menyunting lokasi, menulis keterangan foto, dan menambahkan informasi lain.

Live Text untuk menyalin teks dari gambar

Aplikasi Photos di iOS 15 diperbarui dengan fitur Live Text yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil teks yang ada di dalam bidikan kamera menggunakan teknologi AI. Teks ini kemudian bisa disalin atau diterjemahkan. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Visual Look Up, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai keterangan dari gambar yang diambil.

Simpan kunci rumah dan mobil di Wallet

Pemilik kunci digital untuk rumah dan kendaraan kini bisa memanfaatkan aplikasi Wallet untuk menyimpannya. iPhone secara otomatis akan memilih kunci yang sesuai untuk langsung digunakan dengan NFC.

SharePlay

Fitur SharePlay memungkinkan pengguna dapat mendengarkan atau menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, TikTok, NBA, Twitch, dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

Musik di slide Memory Apple juga melakukan pembaruan dalam section Memory di aplikasi Photos. Dalam tayangan slide Memory, kini pengguna bisa menambahkan lagu berkat integrasi antara aplikasi Photos dengan Apple Music.

Tampilan Weather berubah sesuai cuaca

Aplikasi Weather di iOS 15 juga kini lebih interaktif. Tampilan utamanya kini akan mengikuti cuaca pengguna di lokasi tempatnya berada. Jika hujan, misalnya, maka tampilan akan berubah menjadi gelap dengan ilustrasi hujan. Baca juga: Fitur-fitur iOS 15 Ini Hanya Tersedia di iPhone XS ke Atas

Cara update iOS 15

Untuk mengunduh update iOS 15, pengguna bisa menggunakan metode pembaruan OTA (Over The Air). Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka menu “Settings” > “General” > “Software Update”
  2. Pilih “Upgrade to iOS 15” di laman yang menampilkan ringkasan informasi tentang pembaruan iOS 15.
  3. Kemudian, klik tombol “Download and Install” pada menu yang tersedia
  4. Setelah itu, proses download iOS 15 akan segera dimulai
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai


Update iOS 15 ini memiliki besaran file sekitar 3-5 GB, tergantung jenis perangkat dan versi iOS sebelumnya yang digunakan. Pastikan daya perangkat dan ruang penyimpanan cukup, serta koneksi internet yang dimiliki stabil supaya proses update tidak terganggu.

Somber: https://tekno.kompas.com/read/2021/09/21/21470007/15-fitur-baru-ios-15-untuk-iphone?page=all.

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *