Seminar Nasional

Pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 HIMANIKA FT UNY mengadakan Seminar Nasional yang bertema Andil dalam Pengembangan Ekonomi dengan IoT. Seminar diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh lebih kurang 180 peserta. Dalam seminar tersebut menghadirkan 2 pembicara, yaitu Nailul Huda (Peneliti INDEF) dan Fita Indah Maulani (Sekjen ASIOTI) yang dimoderatori oleh Ni Wayan Sanistri (Alumni HIMANIKA FT UNY). Terdapat 2 materi yang dihadirkan dalam seminar tersebut. Materi pertama mengenai IoT business potential: Community to Global yang membahas beberapa poin penting. Adanya Pandemi Covid-19 yang memengaruhi pertumbuhan market ICT secara keseluruhan. Beberapa produk dan teknologi mendapatkan dampak negatif yang cukup besar dikarenakan Pandemi Covid-19, diantaranya, yaitu Smart Phone, PC, dan Tablet. Di sisi lain Pandemi Covid-19 membawa pengaruh positif dalam bidang Health/Care.

Pemanfaatan IoT untuk membantu penanganan Pandemi Covid-19 sangat beragam jenisnya. Diantaranya, yaitu contact tracing, penerapan protokol kesehatan seperti anjuran menjaga jarak dan pengecekan suhu tubuh. Selain itu, banyak sekali solusi berbasis IoT, meliputi Smart Cities, Smart Agriculture, Smart Manufacture, Smart Logistics, Smart Infrastructure, dan lainnya.

Materi kedua mengenai Kesiapan Mayarakat dan Peluang IoT dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Poin penting materi tersebut, yaitu IoT dan Ekonomi Digital dalam Perekonomian Nasional. Di mana Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN. Terdapat beberapa jenis ekonomi digital menurut jenis layanan, dimana dalam masa Pandemi Covid-19 ecommerce masih bertahan untuk tumbuh positif sedangkan beberapa sektor seperti transport and food, online travel, dan online media masih menunggu beberapa tahun ke depan untuk bisa tumbuh positif.

Terkait kesiapan dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dalam pemrograman komputer jika dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura masih sangat rendah, hanya 3,5% dari penduduk muda dan dewasa. Indonesia hanya unggul dari Thailand dan Filipina.

Berikut ini terdapat dokumentasi Seminar Nasional, 29 Mei 2021.

Share Post:

About Author

admin

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *