Ramadan Tips: Aman Berpuasa dan Ibadah saat Pandemi Covid-19

Halo, teman-teman JPTEI!

Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia. Pemerintah berupaya mengatasinya dengan menerapkan kebijakan PSBB di mana segala aktivitas sosial harus diminimalkan. Hal itu tentunya berdampak pada kegiatan di bulan Ramadan yang biasanya melaksanakan ibadah salat Tarawih di masjid kini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bersama keluarga di rumah masing-masing.

Dengan banyaknya informasi terkait pandemi Covid-19, maka rumor yang mengiringinya semakin banyak sehingga banyak pihak yang bertanya-tanya, amankah berpuasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19? Menurut Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan bahwa menjalankan puasa Ramadan juga dapat membentuk benteng dari paparan Covid-19.

“Dengan kita berpuasa yang benar, akan melahirkan imunitas tubuh dan mencegah paparan Covid-19.”

Sementara itu, spesialis penyakit dalam, Iris Rengganis menjelaskan bahwa puasa Ramadan aman dilakukan di tengah pandemi Covid-19 dan individu yang menjalankannya bisa tetap sehat apabila mematuhi aturan PSBB dengan tetap beraktivitas di rumah.

Beberapa minggu menjelang Ramadan, pihak Kemenag RI telah memberikan imbauan kepada umat Islam untuk tidak menggelar buka puasa bersama, salat Tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, kemudian Nuzulul Qur’an juga ditiadakan, begitu juga tadarus di masjid akan ditiadakan, berdasarkan  imbauan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin melalui keterangan pers daring, Jumat(10/4/2020).

Pihaknya juga berharap selama bulan Ramadan, umat Islam di Indonesia tetap menjaga pembatasan sosial secara fisik guna memerangi pandemi Covid-19 dengan cara mencegah penyebarannya.

Sumber: https://www.liputan6.com/health/read/4236340/headline-ramadan-di-tengah-pandemi-corona-bagaimana-panduan-aman-puasa-dan-ibadah#

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *