Pencipta Bahasa Pemrograman Pertama Adalah Seorang Perempuan

Seperti ini ceritanya…

Saat remaja, ia tertarik pada matematika dan juga pada mesin analitikal karya Babbage. Antara 1842 dan 1843, Ia juga menerjemahkan sebuah artikel karangan matematikawan Italia, Luigi Menabrea, mengenai mesin yang menjadi cikal bakal penemuannya.

Dalam artian, ia memelopori gagasan algoritma komputer.

Pada laman Biography.com, dijelaskan bahwa dia menggambarkan bagaimana kode dapat dibuat untuk perangkat guna menangani huruf dan simbol bersama dengan nomor.

Dialah Ada Lovelace, sang pencipta bahasa pemrograman pertama sekaligus programmer pertama di dunia.

Karena itu, bahasa pemrograman pertama dinamakan Ada.

Seperti apa kehidupan Ada Lovelace? Mari kita mengenalnya lebih dekat!

Pandai Matematika Sejak Kecil

scolastic.com

Ibunya seorang ahli matematika. Ia disebut “Princess of Parallelograms”. Namanya Lady Byron. Sejak usia 4 tahun, Ada diajarkan matematika dan sains yang membuatnya berfikir pada berdasarkan pada logika. Hal ini dilakukan untuk menghindari Ada dari cita-cita romantis dan puitis seperti ayahnya yang seorang penyair.

Hal inilah yang membentuk Ada menjadi sosok penting dalam dunia pemrograman.

Murid dari “Bapak Komputer”

Carles Babbage, demikianlah nama dari guru Ada Lovelace sekaligus sebagai “Bapak Komputer”. Mereka bertemu sejak Ada berusia 17 tahun. Ia terpukau ketika melihat mesin analitikal ciptaan gurunya tersebut.

Setelah menjadi murid Carles Babbage, Ada menerjemahkan banyak artikel tentang mesin analitikal, bahkan menambahkan catatan di dalamnya yang membuat artikel tersebut jauh lebih panjang dari kertas aslinya. Di dalam catatannya, Lovelace menjelaskan bagaimana mesin dapat diprogram dengan kode agar dapat menghitung angka bernoulli. Hal inilah yang membuat beberapa orang menganggapnya sebagai algoritma yang dilakukan oleh mesin.

Itulah kehidupan singkat dari Ada Lovelace, sang pencipta bahasa pemrograman.

Sampai saat ini, bahasa pemrograman sudah berkembang pesat. Semuanya digunakan untuk membuat aplikasi yang tujuan utamanya adalah untuk mempermudah pekerjaan.

Jadi, apapun kontribusi tiap orang, itu berfungsi untuk mempermudah pekerjaan kedepannya. Tak hanya itu, namanya pun dikenang banyak orang. Untuk itu, tetaplah semangat belajar dan jangan menyerah! Pusing hanyalah efek samping XD.

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *