Halo, teman-teman semua!

Sampai sekarang penyebaran virus Covid-19 belum juga usai. Hampir seluruh wilayah Indonesia terpapar virus Covid-19 ini. Hal itu tentunya juga berdampak pada kegiatan belajar mahasiswa. Di mana awalnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka langsung, sekarang beralih ke tatap muka secara online.

Tentunya seiring berjalannya waktu muncul keluhan-keluhan yang didapati mahasiswa, seperti, minimnya akes internet, mahalnya harga kuota internet, hingga banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen.

Setiap hari hanya layar laptop dan handphone yang ditatap untuk mengerjakan tugas kuliah. Tugas pun terasa lebih berat dan terlalu banyak dari biasanya. Rangkaian rutinitas ini yang terus-menerus dilakukan membuat mahasiswa menjadi stres dan tertekan.

Stres tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dikutip dari laman kompasiana, beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghadapi stres akibat kuliah online, yaitu:

1. Tidur yang cukup dan mandi sebelum melakukan aktivitas

Sumber: google.com

Banyaknya aktivitas yang dilakukan dari rumah membuat kebanyakan orang berpikir bahwa mereka bisa bangun lebih siang  sehingga malas mandi. Bangun lebih siang dan tidak mandi selama seharian membuat badan justru tidak fresh, tidak segar, dan akhirnya akan mempengaruhi emosi serta daya konsentrasi. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas seperti biasa dengan tidur yang cukup dan mandi agar tubuh lebih segar sebelum melakukan aktivitas.

2. Olahraga

Sumber: unsplash.com

Terlalu banyak menatap layar laptop dan handphone membuat badan tidak bergerak, kepala dan mata tegang sehingga membuat tubuh terasa lelah. Ada baiknya sebelum melakukan aktivitas, lakukanlah olahraga ringan sekitar 30 menit untuk me-rileks kan tubuh. Bisa dengan melakukan sit up, push up, squat, lompat tali, dan olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di rumah.

3. Melakukan hal-hal yang disukai

Sumber: unsplash.com

Menumpuknya tugas yang harus dikerjakan tidak hanya membuat tubuh lelah, tetapi otak juga merasa lelah karena terus diperas dan dipaksa untuk berpikir. Karenanya, kerapkali kita merasakan jenuh dan bosan. Ada baiknya berikan kesempatan otak untuk beristirahat. Dimulai dengan melakukan hal-hal kecil yang kita sukai, termasuk melakukan hobi. Misalnya, seperti membaca buku, meditasi, yoga, memasak, menonton video tutorial, dan mendengarkan musik.

4. Melakukan dan menjaga komunikasi ke lingkungan sekitar

Sumber: unsplash.com

Dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertemu teman secara langsung seperti sekarang ini, kita masih bisa melakukan komunikasi melalui media WhatsApp, Zoom, dan Skype dengan cara Videocall . Menjalin hubungan dan komunikasi ke lingkungan sekitar sangat penting agar tetap terjaga kesehatan mental dan emosinya. Nyata bahwa setiap orang memang membutuhkan kehadiran orang lain untuk melepas stres meski secara virtual.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi stres dan tekanan selama kuliah online berlangsung. Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://genta.fkip.unja.ac.id/2020/05/02/tips-hadapi-stres-saat-jalani-kuliah-online/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *