China Berhasil Mendaratkan Pesawat Ruang Angkasa di Mars, Bagaimana dengan Indonesia?

Pada Sabtu (15/5), Kantor berita negara Xinhua melaporkan bahwa pesawat luar angkasa tidak berawak China berhasil mendarat di permukaan Mars. Hal ini menjadi momentum yang membuat China sebagai sebagai negara penjelajah luar angkasa kedua setelah Amerika Serikat ke Planet Merah.

Pesawan ini bernama Tianwen-1 yang artinya Pertanyaan ke Surga. Diambil dari sebuah puisi China yang ditulis dua milenium lalu, adalah misi independen pertama China ke Mars. Sebuah wahana yang diluncurkan bersama dengan Rusia pada 2011 gagal meninggalkan orbit Bumi.

Tianwen-1 mendarat di daratan luas yang bernama Utopia Platina, “meninggalkan jejak China di Mars untuk pertama kalinya,” kata Xinhua.

Saat ini, China sedang ambisius mengejar program luar angkasa. Terbukti saat ini, China sedang menguji pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali dan merencanakan untuk membangun statuyn penelitian bulan berawak. Xinhua mengatakan bahwa China tidak ingin bersaing dengan program di luar angkasa, tetapi ingin mengungkap rahasia alam semesta dan berkontribusi pada penggunaan ruang ramai umat manusia.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia memiliki LAPAN, tetapi Indonesia selalu membuat dan meluncurkan satelitnya oleh negara lain.

Namun baru-baru ini, Indonesia sudah mulai mempelajari cara pembuatan roket. Hal ini dibuktikan dengan kerja sama G to G Agreement antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China.

Perjanjian ini telah diratifikasi oleh kedua negara, dengan Indonesia melalui Perpres No. 22 Tahun 2019 pada 26 April 2019.

“Pada perjanjian ini, Indonesia bekerjasama dengan China untuk kerja pengembangan bersama roket sonda bertingkat dua TK-32 LPN melalui transfer knowledge dan know-how,” tutur Kepala LAPAN Thomas Djamaludin dalam diskusi virtual Indonesian Space Agency Pasca Pembentukan BRIN, Senin (17/5/2021).

Dengan transfer knowledge dan know-how inilah Indonesia diharapkan dapat membuat dan meluncurkan roketnya secara mandiri suatu saat nanti.

Mari kita giat belajar agar dapat mengejar ketertinggalan dari negara lain.

Stay learning!

Sumber

China Daratkan Pesawat Ruang Angkasa di Mars | Republika Online

LAPAN Kerja Sama dengan China Kembangkan Roket Sonda Dua Tingkat (detik.com)

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *