Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh saat Puasa di Tengah Pandemi Corona

Halo, teman-teman JPTEI!

Sebentar lagi, kita akan melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Dalam kondisi sekarang ini terlebih karena adanya pandemi Corona sedangkan kita berkewajiban untuk melaksanakan puasa Ramadan membuat kita harus menjaga kesehatan terutama sistem imun tubuh. Nah, lalu bagaimana cara kita untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat? Penasaran, kan? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Penelitian mengungkap bahwa orang yang terbiasa mengonsumsi sayur dan buah dapat terhindar dari penyakit, seperti flu, demam, dan cenderung memiliki sistem imun yang lebih kuat. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap sehat.

2. Olahraga Seimbang

Dalam kondisi sekarang ini, walaupun di dalam rumah kita tetap bisa melakukan olahraga. Lakukan selama 30-60 menit karena olahraga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bisa dengan melakukan gerakan lari di tempat, melompat, squat, dan sebagainya sebagai pemanasan. Selanjutnya, kita bisa membuka platform video, seperti YouTube untuk meniru gerakan aerobik dan yang lainnya.

3. Manajemen Stres

Stres yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh yang nantinya berujung menimbulkan penyakit. Oleh karenanya, usahakan jangan terlalu stres dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini. Terlebih lagi, puasa tahun ini mungkin dirasa lebih berat dibandingkan puasa-puasa tahun lalu karena adanya penyebaran virus Corona yang semakin masif. Akan tetapi, jangan dipikir terlalu berat, ya. Cobalah untuk kelola stres dengan baik supaya dapat terhindar dari penyakit.

4. Hindari Rokok

Menurut penelitian, perokok lebih lebih mudah terinfeksi virus Corona sehingga sangat jelas hubungannya antara rokok dengan penurunan sistem kekebalan tubuh. Perokok juga lebih mudah terserang penyakit yang melibatkan paru-paru. Oleh karena itu, hindarilah rokok dan paparan rokok untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam kondisi seperti sekarang ini.

5. Istirahat Cukup

Tubuh perlu istirahat yang cukup setelah seharian beraktivitas. Untuk orang dewasa, istirahat atau tidur antara lima sampai sembilan jam setiap harinya sangat diperlukan. Hindari begadang jika memang tidak diperlukan karena sebenarnya begadang tidak baik untuk kesehatan. Dengan tidur yang teratur maka sistem kekebalan tubuh meningkat dan karenanya akan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Mengonsumsi Suplemen Multivitamin

Setelah melakukan semua cara di atas, tubuh kita tetap membutuhkan asupan suplemen multivitamin, seperti halnya yang mengandung protein dan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa mengonsumsi suplemen ini saat sahur guna menyiapkan stamina untuk beraktivitas seharian.

Nah, itulah 6 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem imun tubuh saat menjalani puasa di tengah pandemi Corona. Selalu jaga kesehatan, ya!

Sumber: https://procura.id/blog/category/lifestyle/6-cara-menjaga-sistem-imun-tubuh-saat-puasa-dan-badai-virus-corona/

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *