5 TIPS PENTING SUKSES MENULIS ESSAY BEASISWA!

Hal ini penting untuk kalian ketahui, karena pada beberapa instansi atau lembaga pemberi beasiswa baik di dalam maupun luar negeri mensyaratkan essay yang ditulis oleh peserta sebagai bahan pertimbangan seleksi.

Essay merupakan tulisan singkat yang berisi kurang lebih 500 sampai 1000 kata dan biasanya digunakan oleh pemberi beasiswa untuk melihat karakteristik kalian apakah sudah tepat dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Sebutan lain untuk essay adalah motivation letterpersonal statementstatement of purposeletter of interest, dan sebagainya. Pada essay, kalian dapat menggambarkan profil singkat, minat, serta tujuan saat terpilih nantinya. Oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus dalam menyusun essay.

ESSAY YANG MENARIK

Tulislah essay dengan cara penulisan yang berbeda. Sebutkan sisi unik kalian yang sekiranya relevan dan mempunyai nilai lebih di mata penyeleksi beasiswa. Ceritakan latar belakang, apa yang membuat kalian tertarik dengan beasiswa tersebut, hingga jelaskan hal-hal apa yang akan kalian lakukan setelah berhasil terpilih menjadi penerima beasiswa. Buat dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan keadaan dan kondisi, dan jangan copy-paste ya, karena hal ini akan membuat kalian langsung tereleminasi.

CARI TAHU LEBIH LANJUT

Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang dicari dan diinginkan oleh pihak penyelenggara beasiswa. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan gambaran mengenai kriteria apa saja yang mereka inginkan dan mempermudah dalam menyusun essay yang akan dikirimkan. 

BUAT TARGET

penyelenggara beasiswa biasanya ingin mengetahui langkah dan tujuan nyata setelah kalian mendapatkan beasiswa yang diberikan. jadi, tulis dan jelaskan tujuan serta sasaran yang akan kalian tuju setelah terpilih menjadi penerima beasiswa. Jelaskan juga visi, misi, dan target kalian secara jelas dalam essay tersebut. 

GUNAKAN TEKNIK PENULISAN YANG JELAS & BAIK

Dengan menggunakan teknik penulisan yang baik, maka kalian akan lebih dipertimbangkan oleh para dewan juri yang membacanya. Sebagus apapun isi essay yang kalian buat, jika tidak ditulis dengan kaidah yang baik dan benar maka hasilnya pun kurang maksimal. Selain itu, gunakan bahasa yang jelas dan tidak berbelit-belit. 

BE CONFIDENT!

Inilah kunci utama sukses dalam menulis essay, percaya diri! Jangan lupa paparkan dan jelaskan secara baik isi essay sesuai dengan ketentuan pemberi beasiswa, jangan melebih-lebihkan, dan tulislah dengan penuh keyakinan bahwa kalian layak menerima beasiswa tersebut.

REFERENSI

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *