Halo, teman-teman JPTEI!

Belakangan ini kita banyak mendengar berita mengenai maraknya pencurian data yang di internet. Pertama ada Zoom, aplikasi yang banyak digunakan orang dalam melakukan video call conference dikabarkan mengalami pencurian data.

Tak lama setelah itu, menyusul dari marketplace ternama Indonesia, yaitu Tokopedia yang belakangan diketahui mengalami pencurian data sebanyak 91 juta akun. Hal ini tentunya membuktikan bahwa ternyata meletakkan data di internet bisa menjadi sangat tidak aman.

Lalu, bagaimana supaya data kita aman dan terhindar dari hacker? Langsung saja, simak beberapa tips berikut ini, ya!

1. Membatasi pembagian informasi pribadi di media sosial

Kebanyakan dari kita biasanya suka untuk membagikan segala sesuatunya di media sosial, entah itu aktivitas sehari-hari, acara yang kita datangi, makanan yang kita makan bahkan hingga nomor telepon yang merupakan privasi seseorang. Nah, kita harus belajar untuk membatasi apa yang dibagikan di media sosial. Tidak semua harus di-publish ke media sosial, ya. Kita tentu tahu bahwa tidak semua orang yang kita kenal di internet itu baik untuk kita, bisa jadi mereka adalah hacker yang ingin mencuri data-data kita dan menyalahgunakannya.

2. Memasang antivirus di komputer

Memasang antivirus di komputer juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengamankan data pribadi. Mengingat biasanya di komputer terdapat banyak data yang tentunya penting dan rahasia. Meng-install antivirus dapat menghalangi usaha para hacker yang biasanya memasukkan malware atau virus yang nantinya bisa menjadi jalan bagi mereka untuk meng-hack laptop atau komputer kita.

3. Jangan klik sembarangan

Di masa sekarang, tak jarang dari kita banyak menerima berbagai link atau tautan, baik dari chat, sms, dan lainnya. Kita harus berhati-hati terhadap link seperti itu, ya. Jangan cepat percaya, terutama jika isinya mengatakan bisa menukar voucher, mendapatkan hadiah menarik padahal kita tidak pernah ikut lomba apapun sebelumnya. Link tersebut bisa jadi merupakan phising, di mana phising ini banyak digunakan oleh para hacker untuk menyadap data kita. Cara kerjanya, yaitu ketika kita mengklik link tersebut, maka para hacker memiliki kesempatan untuk menyusup di handphone kita. Ketika hacker sudah berhasil menyusup maka mereka bisa mengambil data apapun yang ada di handphone kita, mulai dari data personal hingga nomor rekening dan akun bank juga bisa disadap.

Sumber:

https://kumparan.com/karjaid/3-tips-menjaga-keamanan-dan-privasi-di-internet-1tONkpgJJip/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *